google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Cara Membuka Roda Mobil Sendiri

Cara Membuka Roda Mobil Sendiri




Bagi sebagian orang membuka roda mobil merupakan perkara yang sangat gampang. Tetapi bagi para  pemilik kendaraan baru dan ini adalah kali  pertama memiliki mobil, hal ini tentunya  sangat merepotkan. Kisah nyata penah saya alami ketika ada seseorang yang baru pertama kali membeli mobil dan ketika ingin mendongkrak mobilnya saja beliau sangat kepayahan. Jangankan mendongkrak, mencari lokasi penyimpanan dongkraknya saja beliau sangat kerepotan (tidak tahu tempat penyimpanan dongkrak).

Kesalahan dalam membuka roda akan berakibat fatal. Bukan saja itu, jika proses yang dilakukan tidak tepat bisa jadi waktu yang dibutuhkan sangat lama. Pastikan diri anda tenang ketika hal ini terjadi, karena dengan tenang, anda akan mudah untuk membuka roda. Baiklah, sebelum membuka roda ada beberapahal yang haru anda lakukan :

1. Posisikan kendaraan anda ke pinggir jalan


Dengan memposisikan kendaraan anda kepinggir jalan maka kemanan kita aka terjaga. Selain itu, pastikan mobil kita berada pada kondisi tanah yang keras. Dan jangan lupa untuk menghidupkan lampu Sen.

2. Megambil Dongkrak Dan Kunci Pembuka Roda


Lokasi penyimpanan dongkrak pada setiap kendaraan berbeda-beda. Biasanya berada dibawah jok mobil depan dan juga berada satu paket dengan lokasi ban cadangan serta kunci-kunci pembuka roda. Jika bingung bisa melihat buku panduan mobil anda.

3. Buka Mur Roda


Ini yang sering terbalik dilakukan oleh pengendara. Membuka mur roda akan lebih muda ketika posisi kendaraan belum di dongkran (terangkat). Pada posisi sudah terangkat juga bisa, tetapi hal ini akan sangat repot ketika anda hanya sendirian mengerjakannya. Hal terpenting dari proses ini yaitu, mur roda dibuka secara jikjak (tidak berurutan). Dan putar kunci roda berlawanan arah jarum jam.

4. Dongkrak Kendaraan Anda


Pastikan posisi dongkrak pada bagian rangka mobil yang paling keras ataupun yang tidak berayun. Letakkan sementara ban mobil yang anda buka di bawah mobil, hal ini sebagai pengaman sementara jika dongkrak anda bermasalah.

5. Pasang Roda


Saat memasang roda, posisikan badan anda sedemikian nyaman dengan cara kuda-kuda pada gambar diatas. Selain memudahkan pemasangan, tubuh anda juga tidak terasa sakit saat memasang ban.

6. Mengencangkan Mur Roda


Setelah roda terpasang, kencangkan mur roda dengan cara putar kunci roda searah jarum jam. Gunakan tenaga anda untuk mengencangkannya sementara. Dan setelah dongkrak dilepas, kencangkan sekuat-kuatnya dengan tangan atapun kaki anda.

0 comments:

Post a Comment