Mengenal Kunci-Kunci ( Wrench )


Sebelum kita memperbaiki kendaraan, maka hal yang paling dasar yang harus kita ketahui yaitu mengenal peralatan/kunci-kunci yang akan kita gunakan. Ini menjadi hal yang paling mendasar bagi para calon mekanik dan juga bagi anda-anda yang mempunyai hobi memperbaiki kendaraan kesayangan secara otodidak.

Baiklah ada beberapa klasifikasi wrench ( kunci-kunci) yang harus kita ketahui,

A.  Wrench Ukuran Tetap
Wrench ukuran tetap yaitu jenis kunci-kunci yang dalam posisi normal tidak dapat distel atau diubah-ubah ukurannya. Wrench ukuran tetap ini terbagi 4 jenis yaitu :

1. Open - End Wrench 
Kita lebih familier menyebut kunci ini dengan sebutap kunci pas. Kunci pas mempunyai jenis yang berbeda-beda yaitu Single End, Double End dan Combination.



2. Box (Closed - End) Wrench 
Kita lebih mengenalnya sebagai kunci ring. Kunci ring terdiri dari dua jenis, yaitu segi 6 dan segi dua belas. Segi enam sering disebut juga dengan Hexagonal ( dalam bahasa Inggris) dan segi 12 disebut Pelastic region.



3.Socket Wrench 
Kita lebih mengenal kunci ini dengan sebutan kunci sok ( Socket ). Kunci soket terdiri dari banyak komponen pendukung, seperti gagang T, Rachet dan lain-lain.




4. Hexagonal Wrench
Kita sering mennyebutnya dengan sebutan kunci L. Disebut sebagai kunci L karena bentuknya yang mirip dengan huruf L. Sedangkan Hexagonal yaitu 6 sisi, artinya kunci ini mempunyai sudut 6 sisi.



B. Wrench Ukuran Tidak Tetap
Wrench ukuran tidak tetap yaitu kunci-kunci yang pada kondisi normal bisa distel sesuai dengan keinginan ataupun sesuai dengan diamter baut atau mur yang akan kita buka dan kencangkan. Kunci jenis ini lebih praktis karena mempunyai multi fungsi, dimana hanya menggunakan 1 kunci bisa membuka beberapa baut dan mur dengan ukuran berbeda-beda dengan waktu yang singkat tanpa harus mengganti-gantinyap. Adapun 2  jenis kunci-kunci tidak tetap yaitu :

1. Adjustable Wrench 
Kita lebih mengenal kunci ini dengan sebutan Inggris.



2. Pipe Wrench 
Kita lebih mengenal kunci ini dengan sebutan kunci pipa atau kunci monyet. Kunci ini sering digunakan oleh para pekerja dibidang pemipaan untuk menyambung dan melepas sabungan-sambungan pipa.



3. Torque Wrench 
Dibanding jenis kunci-kunci diatas, torque wrench adalah jenis kunci yang jarang orang tahu. Tetapi biasanya kita menyebutnya sebagai kunci torsi. Kunci torsi berfungsi hanya sebagai pengencang baut atau mur yang memang mempunyai sfesifikasi dalam pengencangannya.



0 Response to "Mengenal Kunci-Kunci ( Wrench ) "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel