Cara Mudah Membaca Soket Pada Kendaraan


Soket merupakan salah satu dari banyaknya komponen kelistrikan yang terdapat pada kendaraan. Ada beberapa jenis soket dan bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Sebagai seorang teknisi otomotif, ada hal penting yang harus kita kuasa dalam hal perbaikan dan perawatan komponen-komponen kelistrikan.

Salah satunya yaitu bagaimana caranya kita bisa dengan mudah membaca soket-soket yang ada pada kendaraan. Dengan mengetahui kode-kode pada soket, akan memudahkan kita untuk mencari kerusakan-kerusakan yang ada pada kendaraan kita.

Soket terbagi menjadi 2 jenis, yaitu soket jantan ( male ) dan Female ( betina). Dari dua jenis soket ini, mempunyai cara berbeda dalam membacanya. Hal ini  nantinya akan memudahkan kita untuk menentukan jalur dari setiap kabel.

Cara membaca soket Jantan ( male ) dimulai dari kanan atas ke arah bawah. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada gambar dibawah ini :

Soket Jantan
Sedangkan pada soket betina ( female ), cara pembacaannya dimulai dari kiri atas kebawah. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar dibawah ini :

Soket Betina
Hal terpenting yang harus diketahui bahwa, saat membaca soket posisi pengikat ( pengunci ) harus ada pada posisi diatas.

Ketika anda sudah memahami bagaimana cara membaca dan membedakan soket jantan dan betina, anda akan lebih mudah untuk mengetahui kode-kode soket yang ada pada setiap buku panduan ( manual Book). Kode-kode soket yang tertera pada buku panduan seperti pada gambar dibawah ini, dimana soket hanya bisa dibedakan dari jenis urutan angkanya.

Contoh soket pada buku panduan ( manual book )

0 Response to "Cara Mudah Membaca Soket Pada Kendaraan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel