google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Mengenal Bola Lampu

Mengenal Bola Lampu


Fungsi lampu pada kendaraan yaitu sebagai sistem penerangan dan juga sebagai tanda-tanda tertentu dalam berkendaraan. Sedangkan sistem penerangan yaitu sebagai penerang jalan saat berkendaraan di malam hari

Konstruksi lampu kepala (head lamp) ada dua jenis yaitu :

1. Sealed Beam
Yaitu konstruksi bola lampu yang menyatu dengan covernya (rumahnya). Jadi jika lampu tersebut rusak, maka penggantiannya harus semuanya diganti. Jenis bola lampu ini biasanya ada pada mobil-mobil zaman dulu. Jenis bola lampu ini mempunyai kelebihan yaitu tidak terjadinya pengembunan didalam tabung.
2. Semi Sealed Beam
Tipe bola lampu ini terpisah antara bola lampu dengan rumahnya. Jadi jika terjadi kerusakan/putus bola lampunya, maka yang diganti hanya bola lampunya. Lampu semi-sealed beam ada beberapa macam
 a.  Conventional type
 b.  HID ( High Intensity Discharge ) Head Light system
 c. Multi – Reflector Head Light
 d.  Projector Headlight

Pada lampu tipe ini juga kita harus berhati-hati dalam menggatinya, diantaranya yaitu pada saat penggantian bola lampu jangan memegang kacanya. Karena akan cepat merusak bola lampu tersebut akibat sentuhan tangan kita yang mengandung kadar garam dari kringat.



Filamen pada setiap lampu berbeda-beda. Ada yang single (satu)  dan double ( dua). Penggunaan bola lampu single filamen digunakan untuk satu lampu yang mempunyai satu fungsi. Contohnya seperti lampu mundur, lampu cabin dan lain-lain. Sedangkan penggunaan bola lampu double filamen digunakan untuk satu lampu yang mempunyai dua fungsi. Contohnya yaitu lampu kepala yang teridiri dari lampu jauh dan dekat serta lampu kota belakang dengan lampu rem.

0 comments:

Post a Comment