google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Cara Menggunakan Kunci Momen ( Torque Wrench )

Cara Menggunakan Kunci Momen ( Torque Wrench )


Kunci momen digunakan untuk mengencangkan baut/mur ke momen spesifikasi. Hal ini dilakukan agar pengencangan pada baut/mur tidak terlalu kendor ataupun tidak terlaluu ketat. Karena jika kedua kemungkinan ini terjadi, maka akan berakibat buruk terhadap komponen ketika bekerja. Serta juga menimbulkan dampak yang berbahaya bagi para pengendara.

Ada dua jenis kunci moment yang beredar dipasaran, yaitu

1. Tipe preset

Momen yang diperlukan dapat diset sebelumnya dengan memutar lengan. Saat baut dikencangkan di bawah kondisi ini, suara klik akan terdengar untuk menunjukkan bahwa momen spesifikasi telah didapat.

2.  Tipe pegas daun

    (a) Tipe standar
Kunci momen bekerja dengan cara melenturkan tiang, yang terbuat dari pegas daun, melalui gaya yang diberikan pada pegangan berputar. Gaya yang diberikan dapat dibaca dengan menggunakan penunjuk dan skala guna memungkinkan momen spesifikasi untuk didapat.

    (2) Tipe momen kecil
Nilai maksimum kira-kira 0.98N·m. Digunakan untuk pengukuran preload.


Untuk efisiensi pengencangan, maka  sebelum dikencangkan dengan kunci momen harus dikencangkan oleh kunci-kunci lain. Dimana efisiensi pengoperasiannya akan lebih baik, dilakukan sebelum mengencangkan dengan menggunakan kunci momen. Sedangkan bila kunci momen digunakan untuk mengencangkan dari awal, maka efisiensi pengoperasian menjadi buruk dan membutuhkan waktu yang lama.

Perawatan kunci momen
Untuk medapatkan hasil yang maksimal, maka kita harus merawat dan menggunakan kunci momen sesuai dengan aturan yang ada.

1. Bila beberapa baut dikencangkan, berikan momen secara merata pada setiap baut, dan lakukan sebanyak 2 atau 3 kali dalam pengencangannya

2.Bila sebuah SST sedang digunakan bersamaan dengan kunci momen, hitung momen sesuai dengan instruksi pada buku Pedoman Reparasi.

3. Khusus untuk  kunci moment jenis pegas daun :

(a) Digunakan pada 50~70% seperti terlihat pada skala kunci momen, untuk memudahkan pemberian gaya yang stabil

(b) Berikan gaya sehingga daya cengkram tidak menyentuh poros. Bila tekanan diberikan pada benda lain selain pin, maka pengukuran momen yang akurat tidak didapat.

0 comments:

Post a Comment