google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Apa itu Akselerasi dan Deselerasi ?

Apa itu Akselerasi dan Deselerasi ?

Kecepatan Speedometer



Mungkin sebagian dari kita orang awam sering mendengar kata akselerasi dan deselari. Terutama di dunia otomotif, kedua hal ini sangat sering diperbincangkan. Apalagi jika kita sedang melihat kompetisi-komptesi balap mobil dan motor, maka komentator akan selalu mengulang-ulang kata akselerasi dan deselerasi.

Keduanya berhubungan dengan sebuah kecepatan pada kenderaan. Istilah-istilah ini dalam bahasa Indoensia memang tidak ditemukan. Namun lebih familier menggunakan bahasa Inggris.

Akselerasi yaitu sebuah kecepatan kendaraan dari kecepatan  rendah ke kecepatan tinggi. Sebagai contoh : Budi mengendarai mobil dari kecepatan 10 Km / jam dan menekan pedal gas hingga kecepatannya berubah menjadi 50 Km / jam.

Itu artinya, Budi sedang melakukan akselerasi pada kenderaan yang ia kemudikan. Mengapa ? karena budi menambah kecepatan mobil dari keceparan rendah ke kecepatan tinggi.

Sebaliknya, deselerasi yaitu dimana sebuah kendaraan mengurangi keceparan dari kecepatan tinggi ke kecepatan rendah. Sebagai contoh ; Budi mengendari mobil dengan kecepatan 80 Km / jam, namun karena didepan ada kemacetan, maka ia mengurangi kecepatannya menjadi 20 Km /jam.

itu artinya, Budi sedang melakukan deselerasi pada kendaraan yang ia kemudikan. Mengapa ? karena Budi mengurangi kecepatan kendaraan dari kecepatan tinggi ke kecepatan rendah.

Sekarang anda sudah paham kan ? semoga selalu berhati-hati dalam bekendara.

0 comments:

Post a Comment