google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Apa Itu LKS Otomotif ?

Apa Itu LKS Otomotif ?




Mungkin sebagian bagi kita masih terasa asing jika mendengar LKS. Ya memang LKS tidak setenar nama-nama ajang perlombaan tingkat Nasional yang diadakan oleh Kementerian. Kalau selama ini mungkin kita sering mendengar Olimpiade,  maka LKS adalah ajang perlombaan yang sama seperti olimpiade. Perbedaannya LKS adalah Lomba Keterampilan Siswa bagi siswa/i SMK ( Sekolah Menengah Kejuruan ). Jadi LKS lebih layak disebut sebagai ajang pembuktian skill praktek para siswa/i SMK.

Ada beberapa tingkatan LKS yang diterapkan di Indonesia, yaitu tingkat yang paling rendah Kabupten. Dimana pada tingkat ini, setiap peserta mewakili sekolahnya masing-masing sesuai dengan bidang kejuruan yang diperlombakan. Di tingkat kedua yaitu Provinsi, dimana pada tingkat ini, para peserta yang bertanding mewakili Kabupatennya. Dan di tingkat terakhir yaitu Nasional, yang mana setiap siswa yang bertanding di tingkat Nasional merupakan pemenang di tingkat Provinsi.

Ada jumlah kejuruan yang dieprlombakan hingga saat ini di Indonesia yaitu :

1. CMillingNC
2. Production Machine
3. Electrical Installation
4. Bricklaying
5. Joinery
6. Plumbing and Heating
7. Cabinet Making
8. Wall and Floor Tilling
9. Printing
10. Graphic Design Technology
11. Autobody Repair
12. IT - Web Design
13. IT - Networking Support
14. CADD Mechanical Engineering
15. CADD Building
16. Mechatronics
17. Web Design
18. Animation
19. Telecommunication Distribution Technology
20. Electronic Application
21. Confectioner
22. Automobile Technology
23. Restaurant Service
24. Jasa Boga (Cooking)
25. Tata Busana (Ladies Dressmaking)
26. Ladies and Mens Hairdressing
27. Beauty Therapy
28. Akomodasi Perhotelan
29. Tourists Industry
30. Caring
31. Secretary
32. Marketing
33. Industrial Control
34. Accounting
35. Nautica
36. Post Harvest Technology
37. Fishery
38. Agronomy
39. Lifestock
40. Kriya Kayu (Wood Craft)
41. Kriya Kulit (Leather Craft)
42. Kriya Logam (Jewellery)
43. Kriya Tekstil (Textile)
44. Kriya Keramik (Ceramics)
45. Chemistry
46. Mobile Robotics
47. Pattern Making
48. Refrigeration
49. Welding
50. Body painting

Sangat banyak kejuruan yang dipertandingkan di Lomba Keterampiran Siswa (LKS) di tingkat Nasional. Sepengalaman penulis yang pernah berlomba pada bidang LKS Otomotif sampai di Tingkat Nasional, banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita bisa sampai ke tingkat ini. Walau memang tidak menjamin 100 % keberhasilan kita dimasa depan, namun jika sudah pernah sampai di tingkat ini maka kemungkinan besar kita akan mendapat keuntungan tentang masa depan kita.

Mengapa demikian ? karena di tingkat ini kamu sudah termasuk orang yang sudah mumpuni mengenai keahlian yang kamu miliki. Jadi, perusahaan akan berebut merekrut kamu sebagai karyawannya. Dan ini pernah penulis alami, bahkan sampai pada batas bingung mau menolak perusahaan yang mana. Karena banyaknya tawaran yang datang ke kita. Cerita ini bagi adik-adik yang memang memilih jalur menjadi pekerja.

Kalau seandainya kepingin lanjut  kuliah gimana ? nah nasib kamu juga tidak bakalan jauh dari cerita diatas. berkat ikut LKS Nasional penulis mendapat beasiswa di salah satu perguruan tinggi di Bandung. Apakah prosesnya sulit ? tidak ! Setelah mengajukan proposal permohonan di kampus, selang beberapa hari langsung diterima dengan status beasiswa dan Beasiswa Unggulan Kemendikbud pada saat itu.

Apakah ada LKS di tingkat yang lebih tinggi lagi ? ya ada. Jika kita bisa juara 1 LKS Nasional maka kita berhak mewakili Indonesia di tingkat Asean. Mereka sering menyebutnya ASC ( Asean Skill Competition). Jadi, ASC adalah LKS nya Negara-negara ASEAN. Jadwal ASC setiap dua tahun sekali dan diadakan di tahun genap ( 2010, 2012, dst). Pada tingkat ini, setiap peserta yang mewakili Indonesia di naungi oleh kementrian Tenaga Kerja Indoensia. Jadi semua fasilitas dan uang saku berasal dari Kemenaker.

Belum selesai sampau disitu, ada tingkat paling bergengsi bagi siswa/i SMK yaitu WSC (Word Skill Competition), kompetisinya anak-anak SMK diseluruh dunia. WSC biasanya diadakan di negara-negara yang sudah lumayan cukup maju secara teknologinya seperti Jerman, Inggris, Jepang dan lain-lain. WSC diadakan setiap dua tahun sekali seperti ASC, perbedaanya yaitu diadakan pada tahun ganjil (2011, 2013, dst ).

Nah, ini semuanya bisa tercapai jika setiap siswa/i yang bertanding usianya dibawah 23 tahun. Jadi, jika lebih dari itu, maka tidak bisa.

Demikian sedikit penjabaran saya mengenai perlombaan LKS di Indoensia yang secara khusus penulis membahas mengenai LKS bidang kejuruan Otomotif ( Automobile Technology). Semoga bermanfaat dan dapat memberikan motivasi bagi adik-adik SMK Otomotif di seluruh Indonesia.

0 comments:

Post a Comment