google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Apa maksud dari Km / jam pada speedometer

Apa maksud dari Km / jam pada speedometer



Sebagian orang awam mungkin masih bingung dengan penunjuk kecepatan pada indikator speedometer mobil yang sedang dikendarai. Atau mungkin jarang melihat/mengontrol kecepatan kendaraannya sesuai dengan kondisi jalan yang sedang dilalui.

penunjuk-penunjuk kecepatan pada kendaraan bisa dilihat dari angka-angka yang tertera pada speedometer yang terletak dibagian  dasbord. Speedometer adalah alat yang dirancang oleh perusahaan sebagai alat yang mendeteksi kecepatan pada kendaraan yang sedang berlangsung ( secara real ).

jenis-jenis speedometer pada mobil ada jenis mekanik dan electronik. Jenis mekanik menggunakan sebiah kabel yang dapat berputar dibagian dalamnya yang dihubungkan ke poros output pada transmisi. Sedangkan jenis elektronik menggunakan sebuah sensor yang mendeteksi sistem pengapian pada mobil yang dikonversi menjadi indikator kecepatan pada kendaraan.

Km / jam dibaca Kilometer per jam adalah satuan kecepatan yang digunakan di Indonesia. Sedangkan kendaraan di luar negeri ada yang menggunakan satuan Km / h (dibaca kilometer per hour) dan Km / Mil (dibaca kilometer per Mil).

Maksudnya, jika jarum penunjuk mengarah ke sebuah angka 10 pada saat kita berkendara, maka kecepatan kendaraan kita yaitu 10 Km / jam. Jadi apabila kita terus mempertahankan keceptan tersebut (tidak berubah-ubah) selama 1 jam lamanya, maka kita dapat menepuh jarak 10 Km (kilometer).

Begitu juga dengan angka-angka penunjuk yang lain pada indikator kecepatan speedometer. 20 Km / jam, 40 Km /jam dan seterusnya.

Apakah hal ini mungkin kita lakukan ? mungkin ! jika kita berkendara dijalan tol yang bebas hambatan. namun jika kita lakukan hal ini pada jalan biasa yang berlobang dan ramai, maka hal ini tidak memungkinkan. Karena pasti kecepatan akan berubah-ubah.

0 comments:

Post a Comment