google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Jenis-jenis Pola Tapak Ban ( Tread )

Jenis-jenis Pola Tapak Ban ( Tread )

Tread (tapak ban) dibuat dengan berbagai macam pola dengan tujuan antara lain membuang air, mengurangi suara mendesis dan menanggulangi berbagai faktor yang timbul karena kondisi permukaan jalan serta jenis kendaraan yang menggunakannya.

Adapun beberapa jenis tread (tapak ban) pada ban mobil yaitu :

1. Pola Rib
Ban pola rib

Rib berbentuk beberapa alur zig-zag paralel yang mengelilingi ban. Pola ini sangat cocok untuk berjalan di jalan dengan permukaan yang rata pada kecepatan tinggi (highway) bagi berbagai jenis mobil, mulai mobil penumpang kecil seperti  bus dan truck.

Karakteristik
Pola Rib mempunyai tahanan gelinding (rolling resistance) yang kecil bagi ban, side-slipping resistance lebih besar sehingga kendaraan lebih mudah dikendalikan, suara yang ditimbulkan oleh ban kecil, tetapi  tenaga tariknya kurang baik bila dibandingkan dengan ban yang menggunakan pola Lug.

2. Pola Lug
Ban Pola Luq

Alur pola Lug adalah tegak lurus terhadap garis keliling ban. Pola ini banyak dipakai pada kendaraan - kendaraan konstruksi dan truck, dan pola tread ini cocok untuk berjalan pada jalan yang tidak rata dan lunak (jalan tanah).

Karakteristik
Pola Lug mempunyai tenaga tarik yang baik, tahanan gelinding (rolling resistance) ban cukup tinggi, tahanan terhadap side-slipping lebih kecil, tread pada daerah Lug lebih mudah aus tidak merata, dan suara ban lebih besar.

3. Pola Rib dan Lug
Ban pola rin dan lug
Pola ini adalah gabungan dari Rib dan Lug dengan tujuan untuk memperbaiki kestabilan pengemudian, dan banyak dipakai pada ban-ban bus dan truck, dan cocok dijalankan pada jalan yang rata maupun tidak rata (jalan berpasir dan berbatu).

Karakteristik
Pola Rib yang melingkar pada keliling ban menstabilkan kendaraan dengan mengurangi kemungkinan side slipping, sedangkan pola Lug pada tepi ban memperbaiki kemampuan pengendaraan dan pengereman. Bagian lug pada pola ini akan lebih cepat aus tidak merata.

4. Pola Block

Pola block
Pada pola ini, tread terbentuk dari Block yang berdiri sendiri (bebas). Pola ini banyak digunakan pada ban-ban salju, dan sekarang pola Block mulai digunakan pada ban radial-ply untuk mobil-mobil penumpang.

Karakteristik
Pola Block mempunyai kemampuan pengendaraan dan pengereman yang lebih baik, mengurangi slipping dan skidding pada jalan yang tertutup lumpur atau bersalju, cenderung lebih cepat aus jika dibanding dengan pola Rib dan Lug, rolling resistance sedikit lebih besar, dan tread lebih mudah aus tidak beraturan, terutama pada permukaan jalan yang keras.

0 comments:

Post a Comment