google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » TIPS SUKSES JUARA 1 LKS OTOMOTIF

TIPS SUKSES JUARA 1 LKS OTOMOTIF

Baiklah adik-adik semua, kali ini saya akan mencoba memberikan sebuah tips sukses bagi adik-adik yang jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) agar bisa mencapai karir tertinggi di di Sekolah yaitu bisa mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS) bidang Otomotif. Mengapa demikian ? karena ini merupakan sebuah ajang pembuktian kalau adik-adik memang benar-benar orang-orang yang pintar dibidang otomotif disekolahnya.

(Masuk Koran) ketika juara 1 Provinsi untuk ke Tingkat Nasional
Tetapi sebelum ini saya akan sedikit berbagi cerita tentang pengalaman yang pernah saya ikuti LKS bidang otomotif. Walau secara prestasi tidak begitu sangat membanggakan, namun dengan ikut LKS otomotif saya mendapatkan banyak pelajaran hidup dan juga beasiswa kuliah di jawa secara gratis.

Saya pribadi dulu sekolah di SMK swasta di salah satu kabupaten di Sumatera Utara. Mulai mengikuti LKS Otomotif di tahun 2008 tinggkat Kabupaten dan mendapat juara 1. Lanjut ke tingkat provinsi Sumatera Utara dan menjadapat juara 1 lagi. Lolos di tingkat Provinsi akhirnya saya melaju ke tingkat Nasional di Jakarta pada tahun 2009. Sangat luar biasanya bangganya bisa mewakili Porvinsi di LKS Nasional.

Belum selesai sampai disitu, saya terpilih kembali mengikuti Seleksi Nasional untuk mengikuti perlombaan Otomotif di Tingkat Asean atau Asean Skill Kompetisi (ASC). Untuk mencapai hasil yang optimal, setiap calon ASC di gembleng selama 1 tahun lamanya untuk training di perusahaan-perusahaan Nasional yang berkaitan erat dengan soal-soal yang akan dipertandingkan di tingkat Asean. Singkat cerita saya gagal untuk mewakili Indonesia di ajang lomba tingkat Asean, namun selepas itu dengan sangat mudah saya diterima di salah satu perguruan tinggi di Bandung dengan program beasiswa Unggulan.

Terpilih mewakili SUMUT di Seleknas ASC

Atas pengalaman  pribadi, saya mencoba untuk memberikan tips sukses bagi adik-adik agar menjadi yang terbaik saat mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS). Adapun yang harus adik-adik lakukan yaitu :

1. Terus berlatih dan mengulang-ulang soal LKS
Sebelum kita mengikuti LKS biasanya pihak sekolah sudah mendapat soal atau materi test project (MTP). Soal bisa didapat dari panitia atau juga di dowload pada link-link terkait, karena memang sifat soal LKS akan bisa diakses ke semua peserta  sebelum pertandingan.

Nah pada kesempatan ini, hal yang harus kamu lakukan adalah mengulang-ulang soal tersebut hingga kamu benar-benar sudah sangat paham tentang setiap alur kerja pada soal-soal yang diujikan. Indikator keberhasilannya dalam hal ini adalah kamu bisa mengerjakan setiap pekerjaan  sesuai dengan alur penialaian yang ada di MTP.

Latihan Over Houl  di Toyota Astra Motor


2. Mencari Sparing Partner
Untuk menguji kemampuan yang kita miliki dan juga sebagai bahan evauluasi setiap latihan, maka dibutuhkan sparing partner. Sparing partner bisa kawan satu kelas  atau juga orang lain yang memang dia mempunyai kemampuan yang lumayan setara dengan kita. Hal ini akan sangat terasa seperti layaknya pertandingan berat, padahal cuma sekedar lahitan dengan sparing partner.

3. Menumbuhkan Mental
Ini hal yang tak kalah penting menurut saya, karena selain skill yang mumpuni kamu harus juga punya mental baja yang kuat. Mengapa ? karena saat pertandingan yang sebenarnya, kondisi sekitar kita akan sangat beda, juga ada beberapa hal yang diluar dugaan akan terjadi pada kita. Atau kalau bahasa kerennya adalah demam panggung.

Maka dari itu. untuk menumbuhkan mental baja yang kuat ada beberapa hal yang bisa kamu coba, seperti mengajar adik kelas saat praktik atau saat teori. Atau bisa juga berdiskusi dengan guru yang menurut mu beliau adalah salah seorang yang menguasai salah satu materi MTP yang diujikan.

Di Training Centre Astra Isuzu Bekasi

4. Fisik yang kuat 
Saat pertandingan nanti, bukan hanya otak kita saja yang akan bekerja. Namun fisik juga akan terkuras. Terlebih jika kita sedang mengerjakan soal-soal MTP yang berkaitan dengan kecepatan waktu pembongkaran dan pemasangan komponen. Maka mutlak dalam hal ini kita harus punya fisik yang kuat dan lincah dalam mengerjakan setiap poin-poin penilaian.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan olahraga-olahraga kecil, cobalah dengan berlari pagi, push up dan lain-lain sebelum berangkat sekolah. Dulu saya melakukan ini dengan sangat rutin yaitu 20 - 30 menit sebelum berangkat sekolah, Dan hasilnya saya rasakan sangat maksimal.

5. Berdoa
Ini adalah tips terkahir yang saya berikan kepada adik-adik semuanya. Setelah kita berlatih dengan bersungguh-sungguh maka sebagai pelengkap semuanya adalah dengan berdoa. Karena tentunya setiap kejadian yang kita alami adalah campur tangan Allah SWT kepada umat Nya. Oleh karena itu perbanyaklah beribadah dan berdoa agar menjadi yang terbaik saat LKS.

Mungkin cukup sudah tips sukses juara 1 LKS dari saya, semoga adik-adik tidak mudah bosen dan lelah saat latihan. Karena sesungguhnya orang tua sudah menunggu mu di depan dengan prestasi yang kamu ukir.

Wassalam..

0 comments:

Post a Comment