google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Jenis-jenis Ruang Bakar Pada Mesin Diesel

Jenis-jenis Ruang Bakar Pada Mesin Diesel

Mesin diesel ditemukan oleh Rudolf Diesel, pada tahun 1872. Dahulu mesin  diesel menggunakan siklus diesel tapi sekarang ini menggunakan siklus  sabathe. Mesin diesel mempunyai tekanan kompresi yang tinggi dibanding dengan mesin bensin yang mempunyai tekanan (30 – 45 kg/cm2), tujuannya  agar temperatur udara yang dikompresikan mencapai 500°C atau  lebih. Selain siklus yang sudah berubah, ada beberapa jenis ruang bakar mesin diesel yang masih digunakan hingga saat ini.

Berikut jenis-jensi ruang bakar mesin diesel.

1. Ruang Bakar Injeksi Langsung 


Penampang ruang bakar langsung mesin diesel
Bahan bakar disemprotkan langsung ke Ruang bakar utama Letak ruang bakar utama ada di antara piston & silinder head. Selain bentuk ruang bakar yang dibentuk pada silinder head, bagian atas piston juga dibuat  ruang dengan desain khusus.

Pada  ruang bakar langsung mesin diesel, ada beberapa jenis ruang bakar langsung yang masih dipakai hingga saat ini, diantaranya yaitu :

a. Semi Spherical Type
Semi Spherical Type
Pada jenis ruang bakar ini, ruang bakar berbentuk setengah bulat. Dimana bentuk ini dibuat pada kepada piston.

b. Spherical Type

Spherical Type
Pada jenis ruang bakar ini, ruang bakar berbentuk  bulat penuh. Dimana bentuk ini dibuat pada kepada piston.

c. Multi Spherical Type

Multi Spherical Type
Pada jenis ruang bakar ini, ruang bakar berbentuk  dua bulatan penuh . Dimana bentuk ini dibuat pada kepada piston.

Keuntungan Ruang bakar tipe injeksi Langsung
a). Penampang permukaan ruang injeksi langsung yang kecil dapat mengurangi kerugian panas sehingga menaikkan temperatur udara yang dikompresikan dan menyempurnakan pembakaran. Pada tipe ini pemanasan awal tidak diperlukan untuk start dengan suhu udara sekitarnya normal. Efisiensi pana yang tinggi disini juga dapat meningkatkan output dan menghemat penggunaan bahan bakar diesel.
b). Struktur cylinder head lebih sederhana, jadi kemungkinan detonation karena panas akan lebih kecil
c). Karena kerugian panasnya kecil, maka perbandingan kompresinya dapat diturunkan.

Kerugian Ruang bakar tipe injeksi langsung
a). Pompa injeksi harus mampu menghasilkan tekanan tinggi yang diperlukan untuk meng atomisasikan bahan bakar dengan memaksanya keluar melalui nozle tipe berlubang banya (multi hole)
b).  Kecepatan maximumnya lebih rendah karena pusaran campuran bahan bakar lebih kecil daripada tipe ruang bakar tambahan (auxilary combustion chamber)
c). Tekanan pembakaran yang tinggi menimbulkan suara yang lebih keras dan resiko knocking lebih besar
d). Mesin sangat peka terhadap kualitas bahan bakar, biasanya diperlukan bahan bakar yang bermutu tinggi

Pada perkembangan teknologi mesin diesel masa kini, jenis ruang bakar langsung menjadi pilihan tepat bagi industri otomotif saat ini. Karena kelebihan ruang bakar jenis ini, mesin diesel tidak membutuhkan pemanas awal seperti busi pijar (Glow plug) yang membantu memanaskan ruang bakar pada awal stater pada kondisi mesin dingin.

2. Ruang Bakar Tidak Langsung 

Pada jenis ruang bakar tidak langsung, nozle injector tidak langsung menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Melainkan pada ruang perantara sebelum masuk kedalam ruang bakar. Adapun jenis ruang bakar tidak langsung pada mesin diesel yaitu :

a. Swirl Chamber Type
Swirl Chamber Type

b. Precombution Chamber Type

Precombution Chamber Type
Pada perkembangannya jenis ruang bakar tidak langsung pada mesin diesel sudah jarang digunakan paad kenderaan - kenderaan saat ini, karena jenis ini harus menggunakan busi pijar sebagai pemanas awal.

0 comments:

Post a Comment