google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Cara Mudah Mengkalibrasi Alat Ukur Mikrometer

Cara Mudah Mengkalibrasi Alat Ukur Mikrometer

Alat Ukur Mikrometer
Di dalam duna otomotif, alat ukur mikrometer menjadi kebutuhan utama dalam mengukur komponen-komponen yang akan diperbaiki. Apalagi jika anda seorang mekanik, maka ini  adalah menjadi hal yang wajib bagi anda untuk mengetahui bagaimana langkah dasar dalam menggunakan alat ini. 

Sebelum digunakan untuk mengukur, mikrometer hukumnya wajib dikalibrasi. Mengapa demikian ? karena mikrometer termasuk salah satu golongan alat ukur yang mempunyai ketelitian 1/100 ( 0,01mm ). Selain itu, alat ini juga sangat sensitif terhadap benturan dan suhu yang mengharuskan kita harus berhati-hati dalam menggunakannya dan perawatannya. 

Jika kita salah dalam menggunakannya dan tidak dikalibrasi, kemungkinan hasil pengukuran kita tidak akan benar. Dan ini menjadi kesalahan fatal dalam pengukuran. Oleh karenanya perhatikanlah langkah-langkah berikut ini dalam mengkalibrasi alat ukur Mikrometer. 

1. Meletakkan Mikrometer Pada Stand
Meletakkan Mikrometer Pada Stand
Ini dilakukan untuk memudahkan anda melihat dan lebih leluasa dalam meluruskan angka 0 "Nol"
yang nantinya harus anda lakukan memutar thimble dan rachet stopper. Jika anda tidak mempunyai stand khusus mikrometer, maka anda juga bisa menggunakan cara alternatif dengan menggunakan ragum dan sejenisnya. 

2. Membersihkan Mikrometer

Membersihkan ujung Anvil dan Spindel
Dengan menggunakan kain bersih, bersihkanlah semua bagian mikrometer dengan teliti. Terlebih pada ujung bagian anvil dan spindel, karena kedua komponen inilah yang nantinya bersentuhan langsung dengan benda yang akan anda ukur. Oleh karena itu, yakinkanlah bahawa tidak ada benda asing yang menempel pada kedua ujung bagian tersebut. 

Selain itu, jika terdapat karat yang berlebih pada batang thimble, anda bisa membersihkannya dengan cara melumasi bagian ini dan memutar-mutar hingga tidak terasa kesat. Karena jika hal ini terjadi, nantinya anda akan sangat kerepotan saat dilakukannya pengukuran. 

3. Memeriksa  Angka 0 (Nol)

Memeriksa angka Nol pada mikrometer
Setelah anda membersihkan semua bagian pada mikrometer, maka selanjutnya yaitu memeriksa angka 0 (Nol) pada outer sleeve dan thimble. Pada langkah ini yang harus anda lakukan yaitu   memutar rachet stopher hingga ujung anvil dan spindel bersentuhan. 

Dan untuk meyakinkan kekuatan sentuhannya, putar 3 sampai 4 kali lagi racet stoper. Kedua angka 0 "Nol" pada outer sleeve dan thimble harus pada posisi satu garis lurus.  Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini :
Posisi Angka "0" yang benar ( tidak memerlukan penyetelan )

Namun jika angka 0 (Nol) pada outer sleeve dan thimble tidak satu garis lurus, maka anda harus meluruskannya. Seperti pada gambar dibawah ini, dimana angka 0 (nol) pada outer sleeve dan thimble tidak pada satu garis lurus.
Posisi angka '0"yang tidak lurus (harus dikalibrasi)
4. Menyetel Angka 0 (Nol)\

Dalam menyetel angka 0 (nol) ada dua hal yang harus anda perhatikan, dimana pada proses ini anda harus benar-benar memutar komponen mikrometer yang dibutuhkan. 

a. Jika kesalahannya lebih kecil dari 0,02 mm
Menyetel angka 0 jika kesalahannya kurang dari 0,02 mm
Jika kesalahannya 0,02 mm atau kurang, maka yang harus dilakukan yaitu kunci spindle dengan memutar lock lamp. Kemudian putar outer sleeve menggunakan kunci penyetel sampai tanda "0" thimble lurus dengan garis,dan priksa kembali angka "0"

b. Jika kesalahannya lebih besar dari 0,02 mm

Menyetel angka 0 jika kesalahannya melebihi 0,02 mm

Jika kesalahannya melebihi 0,02 mm, maka yang harus dilakukan yaitu kunci spindel dengan memutar lock lamp. Kendorkan rachet stopper hingga thimble bebas berputar. Luruskan tanda "0" thimble dengan garis "0" pada outer sleeve. Selanjutnya kencangkan kembali rachet stopper dan periksa kembali tanda "0"

0 comments:

Post a Comment