google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Cara Mudah Pembacaan Hasil Pengukuran Mikrometer

Cara Mudah Pembacaan Hasil Pengukuran Mikrometer

Pembacaan hasil pengukuran alat ukur mikrometer berbeda dengan alat-alat ukur yang lainnya. Dimana pada sebagian alat ukur, hasil pembacaan bisa langsung tertera pada alat tersebut, sedangkan hasil pengukuran alat ukur mikrometer, seseorang harus dapat menjumlahkan setiap nilai garis yang tertera pada skala thimble dan outer sleeve. 

Sebelum menggunakan mikrometer, maka anda harus mengkalibrasinya. Untuk mempelajarinya lebih mudah, klik Cara Mudah Mengkalibrasi Mikrometer

Cara Pembacaan hasil pengukuran mikrometer

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, setiap skala mempunyai nilai garis yang berbeda. Untuk memudahkan pembacaannya, saya coba mempermudah bagi anda-anda yang agak merasa kesulitan dalam pembacaan alat tersebut. 

1. Skala Atas 
Skala atas adalah garis atas yang berada pada outer sleeve. Nilai satu garis / satu strip yaitu 1 mm (milimeter). Garis awal pada skala atas outer sleeve berberbeda-beda, tidak harus dimulai dari angka nol. Nilai garis awal tergantung dari jenis pengukuran mikrometer yang digunakan. 
0 - 25 mm   ( garis awal 0 )
25 - 50 mm ( garis awal 25 )
50 - 75 mm ( garis awal 50 )
75 - 100 mm ( garis awal 75 )
dst

2. Skala Bawah 
Skala bawah yaitu garis bawah yang terdapat pada skala outer sleeve. Nilai satu garis / satu strip yaitu 0,5 mm (setengah). Garis ini terletak ditengah-tengah diantara dua skala atas. Pada pembacaan nantinya, nilai skala bawah hanya ada dua kemungkinan, yaitu 0,00 mm dan 0,50 mm. 

3. Skala Thimble
Skala thimble yaitu garis yang terdapat pada skala thimble. Jumlah garis keseluruhan yang ada pada skala thimble sebanyak 50 garis. Nilai 1 garis / 1 strip yaitu 0,01 mm. Hal -hal yang perlu diperhatikan pada skala thimble yaitu : 

a. 1 x putaran penuh thimble = 0,5 mm ( 1/2 dari nilai skala atas )
    * Jika pada awal mula angka 0  thimble satu garis lurus dengan angka  0 "nol" outer sleeve, maka          setelah diputar  1 x putaran penuh, angka 0 skala thimle harus satu garis lurus dengan 0,5 pada            skala bawah   milik angka 0. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelas,


Skala bawah pada mikrometer
b. 2 x puratan penuh thimble = 1 mm 
     *Jika pada awal mula angka 0  thimble satu garis lurus dengan angka  0 "nol" outer sleeve, maka          setelah diputar 2 x putaran  penuh, angka 0 skala thimle harus satu garis lurus dengan 1 mm pada        skala atas outer sleeve.

Setelah mengetahui nilai - nilai pada setiap skala, saatnya kita belajar bagaimana cara membaca mikrometer dengan baik dan benar. Berikut ini contoh-contoh pembacaannya, 

Contoh 1 . 

Hasil pembacaan pengukuran diatas 7,65 mm
Seperti yang terlihat pada gambar diatas, bahwa hasil pengukurannya adalah 7,65 mm. Ini didapat dari penjumlahan dari ketiga komponen yang saya jelaskan diatas.

Nilai skala atas           : 7,00  mm
Nilai skala Bawah      : 0,50  mm ----------------> karena 0,5 milik 7 sudah kelihatan
Nilai Skala Thimble   : 0,15  mm  +
                                      7,65  mm

untuk memperjelas hasil pembacaan diatas, berikut gambar lebih rincinya


penjelasan lebih rinci tentang contoh no. 1

Contoh no. 2.

Nilai hasil pengukuran yaitu 5,20 mm
Nilai skala atas           : 5,00  mm
Nilai skala Bawah      : 0,00  mm  -----------------------> Karena 0,5 milik 5 tidak kelihatan
Nilai Skala Thimble   : 0,20  mm  +
                                      5,20 mm


Contoh 3.
Setelah mempelajari contoh 1 dan 2, selanjutnya pada contoh yang ketiga coba anda kerjakan sendiri ya,,


0 comments:

Post a Comment