google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Pengertian Listrik Statis Pada Dasar-Dasar Kelistrikan Otomotif

Pengertian Listrik Statis Pada Dasar-Dasar Kelistrikan Otomotif

Apabila listrik statis (tidak bergerak) dalam suatu bahan, maka ia disebut listrik statis (statis electricity). Bila sebuah batang kaca digosok dengan kain sutra, maka permukaan batang kaca dan kain sutra akan terisi dengan listrik. Phenomena ini disebut dengan pengisian. pengisian listrik pada batang kaca dan kain sutera tidak bergerak kecuali jika batang dan kian tersebut digerakkan saling mendekat atau dihubungkan dengan bahan penghantar.

Membangkitkan Listrik Statis Pada Batang Kaca

Listrik statis yang dibangkitkan dengan cara ini disebut electricity dan banyaknya listrik yang diisikan  pada bahan tersebut disebut electric change, yang ditunjukkan dengan simbol Q. Satuannya adalah Coloumb dan ditunjukkan dengan simbol C.

! Coloum adalah sama dengan 6,25 x 10 pangkat 18 Electron. Pada dasar kelistrikan step 1 kita akan mempelajari arus listrik yang merupakan perpindahan /gerakan electric change. Berikut ini adalah hubungan antara 1 A mper dengan 1 Coloum.
1 A = 6,25 x 10 pangkat 18 electron/ detik = 1C/det.

Kekuatan listrik statis

BIla dua batang kaca digantungkan dengan benang dan keduanya digosok dengan kain sutra, kemudian keduanya saling didekatkan, maka keduanya akan saling tolak menolak. Dalam hal lain, bila salah satu batang kaca didekatkan dengan kain sutra, maka batang dan kain sutra akan saling tarik menarik.
Kekuatan listrik Statis Pada Sebatang Kaca


Penomena ini membuktikan bahwa gaya tolak akan bekerja antara electic change yang sama (senama) dan gaya tarik akan bekerja pada electic charge yang berlainan (berlawanan). gaya yang bekerja antara eleltric change disebut elektrostatis.

0 comments:

Post a Comment