google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Ini Dia Penyebab Bunyi Pada Ban Saat Berkendara

Ini Dia Penyebab Bunyi Pada Ban Saat Berkendara

Pernahkah anda menyadari bahwa ban pada kendaraan anda menimbulkan bunyi pada kecepatan rendah ataupun tinggi ?. Pada dasarnya semua ban akan menimbulkan bunyi saat berputar. Bunyi pada ban merupakan sebuah kewajaran ( tidak berbahaya ) yang diakibatkan oleh bentuk pola - pola dari telapak ban itu sendiri. Dan bunyi ini juga tidak menimbulkan gejala - gejala kerusakan pada kendaraan anda.

Pola telapak ban yang berbeda - beda mengibatkan menimbulkan bunyi yang berbeda - beda pula. Oleh karenanya sebagai pemilik kendaraan, kita harus sedikit memiliki pengetahuan tentang ini.

Baca juga : Jenis - jenis pola telapak ban 

Noisi pola adalah yang paling terdengar dari bunyi ban. Alur tapak yang mengenai permukaan jalan mengandung udara, yang terjebak dan tertekan di antara alur tapak dan permukaan jalan. Ketika tapak meninggalkan permukaan jalan, udara yang tertekan keluar dari alur, menyebabkan bunyi.

Bunyi pada pola telapak ban
Bunyi pada pola telapak ban

Bunyi pola meningkat jika desain tapak sedemikian rupa sehingga udara lebih mudah terjebak pada alur. Pola balok atau lug, misalnya, lebih mudah menghasilkan bunyi dari pada pola rib. Frekuensi bunyi meningkat seiring dengan kecepatan kendaraan.  Karena bunyi pola tergantung pada pola tapak, maka pola dapat didesain untuk meminimalkan hal ini. Apa yang kelihatannya sederhana, seperti misalnya pola pengulangan lug dan zigzag, mungkin mengandung variasi-variasi yang tidak kentara dari celah pola.

0 comments:

Post a Comment