Mengenal Kode Kekentalan Oli SAE 5W - 30

SAE OLI MOBIL
SAE OLI

Memilih oli berkualitas ada cara paling ampuh untuk merawat mesin mobil anda menjadi bertenaga dan tahan lama. Banyaknya jenis oli yang dijual dipasaran, mengakibatkan kita sebagai orang awam agak sedikit bingung tentang perbedaan kwalitas diantara jenis oli yang dijual. Selain itu, oli - oli yang ada dipasaran juga mempunyai kode - kode beraneka ragam yang menambah rasa kebingungan yang akhirnya tidak pernah terjawab.

Baca juga : fungsi komponen - komponen sistem pelumasan pada mesin mobil dan cara kerjanya.

Salah satu kode yang ditampilkan dengan sangat gamblang dibagian merek oli adalah kode kekentalan oli. Dimana setiap oli mempunyai nilai kekentalan yang berbeda - beda sesuai dengan fungsi oli tersebut apakah akan dipakai untuk mesin atau komponen lain yang bekerja pada kendaraan.
SAE Oli
SAE Oli

Semakin besar nilai kekentalan oli, maka oli tersebut semakin padat. Sebaliknya, semakin kecil nilai kekentalan oli, maka kondisi oli semakin sangat encer. Kode ini bertuliskan SAE ( Sociate Of Automotive Enggineering ). Seperti yang terlihat pada gambar diabwah ini.

Lebih lanjutnya pada kemasan oli juga tertuliskan 5W - 30. Apa maksudnya ?

5  W Artinya : Pada suhu -20oC,   kekentalan oli  tersebut sama dengan oli SAE 10 yang didinginkan   minus 20 dejarat Celcius.


40 Artinya : Pada suhu +100oC,    kekentalan oli tersebut sama dengan oli SAE 40 yang panaskan +  100 Celcius.

Jadi pada kesimpulannya, oli yang mempunyai kode seperti diatas maka oli ini bisa berubah - ubah kekentalannya sesuai dengan suhu disekitarnya.

Oli mesin untuk mesin diesel dan bensin berbeda. Tekanan kompresi dan pembakaran di dalam mesin diesel sangat tinggi, dan daya yang besar diberikan pada part-part yang berputar. Oleh karena itu, oli mesin yang digunakan pada mesin diesel harus membentuk film oli yang sangat kuat. Akan tetapi, baru-baru ini telah diproduksi tipe oli untuk kedua mesin diesel dan bensin. Oli mesin menurun tingkatnya dikarenakan oksidasi atau panas, dan harus diganti secara berkala.



0 Response to "Mengenal Kode Kekentalan Oli SAE 5W - 30"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel