google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Faktor - Faktor Yang Mempercepat Keausan Pada Ban

Faktor - Faktor Yang Mempercepat Keausan Pada Ban

faktor yang mempercepat keausan pada ban
Ban Aus
Keausan ban adalah kehilangan atau kerusakan tapak atau permukaan karet lainnya karena gesekan yang dihasilkan ketika ban slip pada jalan. Keausan yang terjadi pada ban sangat  bervariasi. Seperti  faktor  tekanan pemompaan pada ban, beban pada kendaraan yang terlalu besar, kecepatan kendaraan yang tidak stabil, kondisi permukaan jalan, temperatur  dan faktor lainnya.

Adapun faktor - faktor yang dapat mempercepat keausan pada ban yaitu :

1. Tekanan pemompaan pada ban ( Inflation pressure
Tekanan pemompaan yang tidak cukup ( kempes ) mempercepat keausan ban, karena ban yang kurang tekanan anginnya akan sangat banyak bagian yang menyentuh permukaan jalan.

Adapun faktor - faktor yang diakibatkan  oleh tekakan ban yang tidak cukup ( kempes ) yaitu :

a. Pengendaraan keras (hard riding):
Tekanan angin yang lebih besar membuat ban menjadi lebih keras. Tetapi jika tekanannya terlalu tinggi, ban akan gagal menyerap kejutan dari permukaan jalan, menyebabkan pengendaraan yang keras. Setiap model kendaraan mempunyai tekanan pemompaan ban yang direkomendasikan sesuai dengan beban dan penggunaannya. Memasang ban dengan tekanan berlebihan membuat perjalanan tidak menyenangkan.

b. Kemudi berat (hard steering):
Bila tekanan pemompaannya terlalu rendah akan menyebabkan tapak yang bersentuhan dengan permukaan lebih lebar, meningkatkan resistensi ( gaya gesek ) antara ban dan permukaan jalan, sehingga membuat kemudi lebih berat.

c. Mobil miring ke satu sisi selama berkendara normal
Jika tekanan ban sebelah kiri dan kanan berbeda, akan terjadi perbedaan resistensi gulir antar ban tersebut. Sehingga ban cenderung miring ke kiri atau ke kanan.

2. Beban yang diberikan berlebihan
Beban yang lebih berat akan mempercepat keausan ban, seperti halnya bila tekanan pemompaan berkurang. Namun setiap kendaraan dapat menumpuh beban yang bervariasi. Untuk lebih jelasnya berapa beban maksimal yang diperbolehkan maka kita bisa melihat buku manual kendaraan tersebut.
Selain itu, pada dinding ban juga tertera indeks beban maksimal yang dapat ditumpuh.


Ban juga aus lebih cepat saat  memutar ketika kendaraan diberi beban berat karena gaya centrifugal yang lebih besar selama berputar menghasilkan gaya putar yang lebih besar. Sehingga menghasilkan gesekan yang lebih besar antara ban dan permukaan jalan.

3. Kecepatan kendaraan
Pada faktor terakhir ini sangat diperanguhi oleh cara berkendara yang baik dan benar. Seperi gaya gerak kendaraan dan cara serta waktu pengerman. Gaya sentrifugal ketika memutar dan gaya-gaya lain yang bekerja pada ban  akan meningkat sebanding dengan kuadrat peningkatan kecepatan kendaraan.

Meningkatkan kecepatan kendaraan akan melipat-gandakan gaya-gaya tersebut, tentu saja akan meningkatkan gesekan yang dihasilkan antara ban dan permukaan jalan. Semua itu tentu akan mempercepat keausan ban. Sebagai tambahan, pada semua faktor ini, kondisi jalan juga mempengaruhi aus-nya ban. Jalan yang kasar jelas menyebabkan ban lebih cepat aus dibanding  jalan yang halus. 



0 comments:

Post a Comment