google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Fungsi Stabilizer Bar Pada Mobil Untuk Kenyamanan Berkendaraa

Fungsi Stabilizer Bar Pada Mobil Untuk Kenyamanan Berkendaraa

posisi stablizer bar pada kendaraan
Posisi stabilizer pada mobil

Memiliki kendaraan yang aman nyaman adalah dan aman adalah impian semua pemilik kendaraan. Bahkan ketika tunggangannya sudah terasa tidak nyaman, ada yang rela menambah beberapa komponen tambahan di mobilnya ada tingkat kenyamanannya lebih maksimal.

Salah satu langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan memasang stabilizer bar pada mobil kita. Tidak semua mobil menggunakan komponen ini. Jadi pastikan apakah mobil kalian menggunakan stabilizer bar atau tidak.

Apabila mobil pada kecepatan rendah, fungsi stabilizer bar tidak akan terasa maksimal. Namun, jika sudah lari pada kecepatan tinggi dan kendaraan pada posisi berbelok maka fungsi komponen ini akan sangat terasa karena menjaga keseimbangan bodi mobil dengan cara mengatur daya tekan ban agar tetap menempel ke tanah.


Fungsi stabilizer bar pada mobil
Cara kerja stabilizer bar  pada Mobil
Adapun cara kerja stablizer bar yaitu saat kendaraan membelok, bodi kendaraan bergerak ke luar karena adanya gaya sentrifugal. Disini stabilizer bar mengontrol kendaraan dengan tenaga pegas yang berputar, dan menjaga ban-ban agar tetap dekat dengan tanah. Stabilizer bar  juga bekerja bila ban-ban pada satu sisi berjalan pada permukaan yang berbeda.

Saat bodi kendaraan bergerak ke luar dan ban-ban masuk ke salah satu sisi, maka stabilizer bar diputar dan berfungsi sebagai pegas, yang mengangkat ban-ban bodi kendaraan yang miring ke samping.

Pada kasus dimana ban-ban pada kedua sisi masuk secara merata,  stabilizer bar tidak berfungsi sebagai pegas karena tidak diputar.



0 comments:

Post a Comment