google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Teori Pendinginan Pada Sistem AC Mobil

Teori Pendinginan Pada Sistem AC Mobil


Air Conditioner merupakan salah sistem pelengkapan kenyamanan pada sebuah mobil. Fungsi AC pada mobil adalah
a. Untuk mengatur suhu ruang cabin kendaraan sesuai dengan keinginan pengemudi
b. Mengatur sirkulasi udara didalam cabin mobil dengan udara diluar
c. Mengatur kelembaban
d. Menjaga kebersihan udara didalam cabin mobil

Proses terjadinya udara dingin yang dihasilkan oleh sistem AC sebenarnya sangat sederhana dan sering kita lakukan pada kehidupan sehari - hari yang mungkin tidak kita sadari. Oleh karena itu, sebelum kita mengatahui cara kerja AC, maka alangkah baiknya kita mengetahui teori dasar pendinginan pada sistem AC.

1. Pada Saat Kita Sedang Berenang
cara kerja pendingin ac mobil
Penguapan ( Evavoration )
Saat kita sedang berenang pada kondisi terik matahari, maka kita akan merasakan kesegaran yang luar biasa. Namun kesegaran yang kita rasakan lama - kelamaan menjadi sangat dingin sekali walaupun suhu udara sangat panas, hal ini terjadi biasanya jika kita hanya menyelupkan sebagian bagain tubuh kita ataupun naik turun ke dalam kolam. Rasa dingin yang kita rasakan akibat  dari air yang menempel pada tubuh kita menguap ke udara dan membawa suhu panas yang ada didalam tubuh kita. Sehingga suhu panas yang ada pada tubuh kita akan berkurang dan kita akan mengalami rasa dingin.


2. Penempelkan Alkohol Pada Kulit

Penguapan pada sistem AC
Penguapan alkohol

Kita sering menyadari apabila tubuh kita terkena akhol pasti pada area tersebut akan merasakan rasa dingin. Hal ini terjadi sama seperti teori pada gambar pertama, dimana sifat akohol yang menguap ke udara akan membawa suhu panas pada sekitaran kulit kita yang terkena akhohol. 

3. Menyerap Suhu Panas Ruangan

Pada teori yang ketiga yaitu membandingkan suhu dalam ruangan dan luar ruangan. Sebagai data pembanding diukurlah kedua ruangan dengan menggunakan thermometer 1 ( luar ruangan ) dan thermometer 2 ( dalam ruangan ). Dan hasilnya ternyata pada thermometer 2 ( dalam ruangan ) lebih dingin dibanding luar ruangan. Hal ini terjadi karena adanya cairan mudah menguap yang ada pada dalam ruang yang menyerap suhu panas pada ruangan tersebut.



0 comments:

Post a Comment