google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Apa Itu Over Houl Pada Mesin ?

Apa Itu Over Houl Pada Mesin ?

overhoul mesin mobil
Overhoul Mesin Mobil ( sumber : Speedlab )

Mesin adalah jantung pacu yang ada pada setiap kendaraan bermotor. Oleh karena itu, mesin harus dalam kondisi prima jika ingin kendaraanmu tampil prima dan beringas dijalanan. Perawatan berkala adalah modal utama agar mesin dalam kondisi baik dan bertenaga.

Namun, jika kita abai dalam hal ini maka siap-siaplah kita akan mengeluarkan dana banyak karena terjadi kerusakan yang fatal pada mesin kendaraan kita. Hal yang paling ditakutkan bagi pemilik kendaraan adalah kerusakan mesin yang berakibat harus di OVER HOUl nya mesin tersebut. Apa itu Over Houl dan apa dampaknya bagi kendaraan ?

OVER HOUL adalah istilah yang digunakan oleh para bengkel ataupun mekanik untuk proses pembongkaran mesin secara menyeluruh (dipreteli sampai habis) untuk mengecek komponen-komponen vital mesin dan membersihkannya dari kerak-kerak oli yang menempel ataupun menyumbat saluran oli. Pemeriksaan ini dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak komponen tersebut dan juga menggunakan alat pengukuran yang presisi.

Yang menyedihkan lagi kalau harus melakukan OVER SIZE pada lubang silinder. Dimana pada kasus ini ukuran piston dengan lubang silinder sudah tidak lagi presisi. Maka solusinya lubang silinder harus dibesarkan dan membeli piston baru dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran standar.


oversize silinder
Over Size Silinder Mesin Mobil

Maka tak heran kalau proses penegerjaan OVERHOUL membutuhkan waktu paling cepat 1 minggu. Tentunya hal ini akan berakibat buruk bagi sang pemilik kendaraan. Diantaranya sebagai berikut :

1. Mengeluarkan biaya yang banyak untuk ongkos pembongkaran dan pembelian komponen mesin yang rusak. Estimasi biaya  paling murah kisaran belasan juta.

2. Aktifitas yang terganggu karena mobil harus menginap dibengkel minimum 1 minggu lamanya. Seandainya ada sparpart yang harus indent maka waktu perbaikan bisa lebih lama lagi.

3. Nilai jual kembali akan semakin rendah karena nilai ke originaliras mesin yang sudah pernah dibongkar.

So, agar kendaraanmu tidak di OVER HOUL maka rajinlah melakukan perawatan berkala dan sering-seringlah melakukan pengecekan ringan pada mesin sebelum melakukan perjalanan.

0 comments:

Post a Comment