google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Macam-Macam Saklar ( Switch ) Yang Di Gunakan Pada Mobil

Macam-Macam Saklar ( Switch ) Yang Di Gunakan Pada Mobil

Mobil terdiri dari berbagai mekanis penggerak untuk menjalankan komponen - komponen agar bekerja dengan baik sesuai dengan perintah dari pengemudinya. Ada yang menggunakan mekanisme mekanik dan juga ada yang menggunakan mekanisme listrik untuk mengaaktifkannya.

Contoh beberapa komponen yang digerakkan menggunakan mekanisme mekanik, yaitu :
1. Rem Kaki
2. Rem Tangan
3. Pemindah gigi
4. Dll

Sedangkan komponen - komponen yang diaktifkan menggunakan mekanisme listrik, yaitu :
1. Lampu- lampu
2. Indikator pada dasrbord
3. Sensor-sensor
4. Dll

Namun, terkhusus pada artikel ini hanya akan dibahas mengenai mekanisme listrik. Dan jika kita membahas mengenai kelistikan pada mobil maka kita akan menjumpai banyak sekali switch ( saklar ).

Saklar pada sistem kelistrikan berfungsi untuk memutus dan menghubungkan sistem kelistrikan. Dengan adanya saklar, maka setiap komponen dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan oleh pengemudi. Saklar pada mobil memiliki 2 ( dua ) jenis pengendali, yaitu :

a. Pengendali Positif
Saklar jenis pengendali positif ini terletak pada jalur positif arus listrik. Fungsinya menghubungkan dan memutuskan arus listrik Positif (+).


b. Pengendali Negatif
saklar jenis pengendali negatif ini terletak pada jalur negatif arus listrik. Fungsi menghubungkan dan memutus arus listrik Negatif (-).

Adapun jenis-jenis saklar yang digunakan pada mobil yaitu :

1. Saklar Putar ( Ignition Switch )

saklar putar (ignition switch )
Saklar putar (ignition switch )

Saklar putar atau ignition switch adalah jenis saklar yang cara penggunakaanya diputar. Biasanya digunakan pada kunci kontak mobil yang menggunakan anak kunci untuk memutarnya.

2. Saklar Tekan ( Push Switch )

saklar tekan ( Push Switch )
Saklar tekan ( Push Switch )

Saklar tekan adalah jenis saklar yang cara penggunaanya ditekan sekali untuk mengaktifkannya dan ditekan kembali untuk melepasnya ( meng off kannya). Saklar jenis ini digunakan pada lampu hazard pada mobil.

3. Saklar Ungkit ( Seesaw Switch )

Saklar Ungkit ( Seesaw Switch )
Saklar Ungkit ( Seesaw Switch )

Saklar ungkit adalah jenis saklar yang cara penggunaannya ditekan. Saklar ungkit biasanya digunakan untuk mengaktifkan sistem pengunci pintu mobil.

4. Saklar Tuas  ( Lever Switch )

Saklar Tuas ( Lever Switch )
Saklar Tuas ( Lever Switch )

Saklar ungkit adalah jenis saklar yang cara penggunaannya diungkit menggunakan tangan. saklar jenis ini terletak pada stir mobil yang digunakan untuk mengaktifkan jenis lampu belok.


5. Saklar Level  ( Reed Stich )

Saklar Level ( Reed Switch )
Saklar Level ( Reed Switch )

saklar level adalah  saklar yang cara pengaktifkannya tidak dilakukan oleh manusia. Namun secara otomatis akan aktif sesuai dengan level standar yang ditentukan. Jenis saklar ini digunakan pada tabung penyimpan minyak rem, tabung pemisah air dan bahan bakar solar, serta terdapat pada tangki bahan bakar.

6. Saklar Temperatur ( Temperatur Switch )

Saklar Temperatur ( Temperatur Switch )
Saklar Temperatur ( Temperatur Switch )

Saklar temperatur adalah saklar yang bekerja secara otomatis terhadap temperatur disekitarnya. jenis saklar ini digunakan pada saklar pengukur suhu air pendingin mesin.

0 comments:

Post a Comment