google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Memahami Cara Kerja Diffrential ( Gardan ) Pada Mobil

Memahami Cara Kerja Diffrential ( Gardan ) Pada Mobil

Putaran roda dalam dan luar yang berbeda
Putaran roda dalam dan luar yang berbeda

Diffrential atau gardan adalah komponen yang berfungsi mengatur putaran roda kanan dan kiri pada kendaraan sesuai dengan kondisi perjalanan. Dengan adanya diffrential, maka berkendara pun menjadi lebih nyaman. Hal ini karena putaran roda kanan dan kiri menerima putaran sesuai dengan kondisi kendaraan. Apakah jalan lurus, belok kanan dan belok kiri ? karena dari 3 kondisi tersebut, putaran setiap roda kanan terkadang harus sama, ada sebagian sisi harus lebih banyak, sebagian sisi lebih sedikit. 

Seperti pada gambar diatas, saat kendaraan posisi membelok, jarak tempuh (putaran ) roda bagian dalam ( A ) lebih kecil dari jarak tempuh (putaran) roda bagian luar ( B ). Dengan demikian roda bagian luar harus berputar lebih cepat dari roda bagian dalam. Bayangkan, jika pada posisi membelok putaran  roda dalam  dengan putaran roda luar sama, maka salah satu roda akan slip ( berputar namun tidak jalan).  Dan ini akan berakibar buruk terhadap ban yang mengakibatkan cepat aus. Untuk itulah diperlukan differential

Kapan roda sebelah dalam dan luar harus berputar sama ? putaran roda bagian dalam dan putaran roda bagian luar sama ketika kendaraan berjalan pada jalan yang lurus. Karena pada saat itu pembagian putaran ke setiap roda sama. 

Mengapa bisa demikian ? baiklah kita akan coba untuk mempelajari bagaimana diffrential bekerja untuk membagi putaran pada setiap roda. 

a. Pada Saat Kendaraan Berjalan Lurus
Ilustrasi saat diffrential berjalan lurus
Ilustrasi saat diffrential berjalan lurus
Gambar diatas adalah sebuah perumpamaan sederhana mengenai bagaimana putaran roda kanan dan kiri sama pada saat berjalan lurus. Bila  rack sebelah kanan dan sebelah kiri  diberi beban ( W ) yang sama, maka ketika shackle ditarik ke atas akan menyebabkan kedua rack terangkat pada jarak yang sama, ini terjadi karena tahanan rack kiri dan kanan sama. Sehingga pinion tidak berputar.

Cara kerja diffrential saat jalan lurus
Cara kerja diffrential saat jalan lurus
Secara realnya, cara kerja pada diffrential itu sendiri adalah sebagai berikut : 
Drive pinion ( gigi nanas ) memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft,  dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan dengan putaran  yang sama ( karena tahanan  roda kiri dan kanan sama ), sehingga putaran roda kiri dan kanan sama.


b. Pada Saat Jalan Membelok
Ilustrasi saat diffrential berjalan membelok
Ilustrasi saat diffrential berjalan membelok
Gambar diatas adalah ilustrasi cara kerja diffrential saat jalan membelok.  Apabila kita letakkan  beban ( W) yang lebih besar pada rack sebelah kiri  dan shackle ditarik ke atas, maka yang terjadi adalah pinion gear akan berputar disepanjang gerigi rack  sebelah kiri yang mendapat beban lebih berat disebabkan adanya perbedaan tahanan. Kejadian ini menyebabkan rack yang mendapat beban lebih kecil akan terangkat. 

Hal ini terjadi saat kendaraan berbelok, diamana roda sebelah dalam akan mendapatkan beban yang lebih besar, sedangkan roda sebelah luar lebih kecil. Akibatnya putaran roda sebelah dalam lebih kecil dibanding putaran roda sebelah luar. 

Cara kerja diffrential saat jalan membelok
Cara kerja diffrential saat jalan membelok

Secara realnya, cara kerja pada diffrential pada saat berbelok  adalah sebagai berikut : 
Drive pinion ( gigi nanas ) memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft,  dan pinion gear mengitari side gear yang bebannya berat sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan menjadi tidak sama.

0 comments:

Post a Comment