google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Mau Masuk SMK ? Pilih Jurusan Otomotif Aja

Mau Masuk SMK ? Pilih Jurusan Otomotif Aja

Dear adik-adik semuanya, kali ini saya akan sedikit membahas mengenai apa itu teknik otomotif. Bagi yang sudah tahu mungkin artikel ini tidak akan menambah sedikitpun pengalaman, but bagi anda-anda yang mungkin masih terasa asing dengan teknik otomotif bisa dibaca sampe habis ya.

Inget ya Teknik Otomotif itu beda dengan Lokomotif !

Terkhusus dalam hal ini saya hanya sekedar berbagi pengalaman tentang Teknik Otomotif di Dunia SMK  ( Sekolah Menengah Kejuruan ). Jika saudara ingin mengetahui teknik otomotif di tingkat perguruan tinggi, maka tinggalkanlah artikel ini. Tapi jika tetap ingin membacanya juga tidak masalah.

Jadi teknik otomotif yang ada di dunia SMK terbagi menjadi beberapa jurusan lho adik-adik :

1. Teknik Kendaraan Ringan 


Nah pada teknik kendaraan ringan kita akan diajarkan mengenai mesin-mesin pada mobil. Komponen-komponen rangka ( chasis ), kelistrikannya dan lain - lain. Dan pada akhirnya menyiapkan siswa untuk menjadi mekanik mobil yang handal yang nantinya bisa bekerja di bengkel-bengkel mobil.

2. Teknik Sepeda Motor


Pada kejuruan ini, adik - adik akan diajarkan untuk memperbaiki sepeda motor. Dimana nantinya akan diajarkan bagaimana cara menservice sepeda motor, bongkar pasang mesin dan lain-lain.

3. Body Repair


Bagi kamu yang suka modifikasi kendaraan, jurusan ini bisa menjadi pelampiasan untuk mengembangkan kreatifitas yang kamu punya ya. Karena pada jurusan ini kamu akan diajarkan bagaimana memperbaiki body kendaraan yang rusak, membuat body kendaraan dengan bahan fiber. Dan jika kamu mepunyai daya nalar kreatifitas yang tinggi, maka kamu akan bisa membuat ( memodifikasi ) body kendaraan mu. Keren kan ?

4. Teknik Alat Berat


Jika kalian merasa asing dengan jurusan ini, maka saya akan memberikan gambaran sedikit mengenai ini. Yaitu Tractor, Beko dan Pertambangan. Jadi jurusan ini adalah jurusan yang nantinya menyiapkan siswa untuk menjadi mekanik alat berat. Identik dengan kendaraan- kendaraan yang besar yang ada dipertambangan. Jadi, jika kamu anak yang mandiri dan lebih menyukai tantangan yang berat serta berjauhan dengan orang tua, maka jurusan ini layak kamu pilih ya. Sebagai konsekuensinya kamu juga akan mendapatkan gaji yang lebih besar. hmmm,. enak kan

Perkembagan dunia otomotif yang semakin hari semakin maju serta berjamurnya jenis-jenis kendaraan yang ada di Indonesia membuka kesemopatan besar bagi adik - adik untuk menjadi seorang teknisi. Toh jika tidak berkeinginan menjadi pekerja diperusahaan, adik-adik bisa membuka bengkel di rumah sendiri.

Gimana, keren kan ? jadi nanti kalau sudah tamat SMP langsung saja masuk kejuruan otomotif yang ada didaerahmu.

Sekian

0 comments:

Post a Comment