google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Cara Menggunakan feeler Gauge ( Thickness Gauge )

Cara Menggunakan feeler Gauge ( Thickness Gauge )

Feeler gauge sering juga dikenal dengan nama thickness gauge dan digunakan untuk mengukur celah diantara dua komponen. Thickness gauge ini terdiri dari lembaran baja tipis yang memiliki nilai kepresisian sampai 1/100 mm ( 0,01 mm ). Pada umumnya ketebalannya antara 0,03 mm sampai 1,00 mm.Nilai ketebalannya tercantum pada setiap bilah ( lembarannya ).
fungsi alat ukur feeler gauge
Feeler gauge

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat penggunaan feeler gauge, diantaranya yaitu :
Pengukuran komponen menggunakan feeler gauge

1. Bersihkan tangan anda, feeler dan komponen yang akan diukur sebelum melakukan pengukuran. Adanya kotoran, oli dan lain - lain akan menyebabkan pengukuran tidak akan maksimal ( salah ).

2. Apabila 1 (satu) bilah feeler gauge masih belum cukup untuk pengukuran, gabungkanlah 2 (dua) atau beberapa bilah sesuai dengan kebutuhan. tetapi usahakan jumlahnya sedikit mungkin. ( 2 bilah feeler lebih baik dibanding harus menggunakan 3 bilah feeler ).

3. Sisipkan thicknes gauge pada celah komponen dengan berhati-hati. jangan membengkokkan atau merusak gauge. Bila feeler gauge sudah rusak, maka harus dibuang dan diganti dengan yang baru.

Adapun metode pengukuran yang baik yaitu sisipkan gauge diantara komponen yang diukur. Bila feeler gauge mudah masuk dan keluar, pakailah feeler gauge yang lebih tebal hingga merasakan adanya hambatan sedikit pada saat ditarik. Tebal feeler gauge adalah sama dengan celah diantara dua komponen yang kita ukur.


Selain itu ada beberapa metode yang dapat membantu anda untuk belajar merasakan gesekan dalam mengukur celah secara benar.

merasakan gesekan feeler gauge
merasakan gesekan feeler gauge


1. feeler gauge diset sesuai dengan ketebalan feeler
2. Tempatkan feeler gauge diantara anvil dan spindle pada outside mikrometer. Tarik feeler gauge dan
 belajarlah untuk merasakan pada waktu menariknya.

0 comments:

Post a Comment