Cara Mudah Merakit Relay 4 Kaki Jenis Normaly Closed

Relay jenis normaly closed memang jarang dipakai pengaplikasiannya pada sistem kelistrikan mobil. Walaupun begitu, jenis relay ini harus kita ketahui cara kerjanya. Agar ketika dilapangan kita menemukan atau merakit jenis relay 4 kaki normaly closed, kita sudah tahu cara kerjanya.

Pada dasarnya, prinsip kerja relay normaly closed akan saya sandingkan dengan rangkaian standart tanpa relay yang menggunakan prinsip sama yaitu pada posisi normal, kondisi switch akan terhubung.  Jadi secara garis besar, jenis relay ini merupakan kebalikan dari jenis relay normaly open.

Simple nya begini, jika kita pakai relay normaly open dan saklar pada posisi Of maka komponen kelistrikan tersebut akan Off juga ( Mati ). Sebaliknya, jika kita menggunakan relay jenis normaly closed, maka ketika saklar pada posisi off, komponen kelistrikan akan hidup. Namun, jika saklar pada posisi ON, komponen kelistrikan akan mati. Jadi dengan adanya saklar tersebut, komponen kelistrikan akan mati.

Komponen - komponen yang dibutuhkan :
1. Lampu 1 Buah
2. Kabel secukupnya
3. Saklar ( switch ) 1 buah
4. Baterai 12 Volt
5. Relay Normaly Closed  1 buah

Rangkaian Standar 
Rangkaian Standart
Rangkaian Standart 
Arah aliran arus :
Positif baterai - saklar - lampu - negatif baterai

Konstruksi  Relay 4 Kaki Normaly Closed
Keterangan no pin relay :

30 ( Tegangan positif baterai )
87 ( Beban komponen listrik )
85 ( Dari saklar )
86 ( Negatif )

Merakit   Relay 4 Kaki Normaly Closed
Arah aliran arus :
Tegangan baterai positif - saklar - Relay pin 87 - Relay pin 85 - Masa negatif - Relay On ( terputus ) - Tegangan dari baterai relay pin 30 terputus dari terminal relay 87 sehingga lampu mati.


0 Response to "Cara Mudah Merakit Relay 4 Kaki Jenis Normaly Closed"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel