Dasar - Dasar Kelistrikan Body Mobil



Sistem kelistrikan termasuk dalam sistem yang ada pada teknik otomotif. Sistem kelistrikan memang menjadi salah satu sistem yang paling merasakan perkembangan yang signifikan dibanding dengan sistem yang lain pada kendaraan. Wajar jika hari ini hampir semua sistem penambahan yang ada pada kendaraan menggunakan sensor dan bekerja secara otomatis.

Karena memang pada dasarnya, kedepan kelistrikan akan menjadi prioritas pengembangan yang menjajikan dimasa depan bagi setiap kendaraan. Oleh karena itu  bagi kalian yang berkelut di bidang otomotif, belajarnya dengan baik mengenai dasar-dasar kelistrikan. Karena itu akan sangat berkembang dimasa depan.

Dasar - dasar kelistrikan body pada teknik otomotif  menjadi kunci dasar kita untuk dapat membaca wering diagram pada buku pentunjuk perbaikan, menganalisa kerusakan dan menentukan dimana komponen kelistrikan itu berada. Tapi sebelum kita melangkah lebih jauh mengenai teknologi pada kendaraan, alangkah baiknya kita belajar mengenai dasar-dasar kelistrikan yang ada pada mobil.

1. Rangkaian kelistrikan

a. Rangkaian Seri

Rangkaian seri
Rangkaian seri
b. Rangkaian Paralel
Rangkaian paralel
Rangkaian paralel
Pada kendaraan, hampir semua menerapkan rangkaian kelistrikan menggunakan rangkaian paralel. Hal ini bertujuan agar tegangan yang dibagi kesetiap komponen kelistrikan sama besarnya dengan sumber tegangan listrik. Selain itu, dengan menerapkan rangkian paralel maka penggunaan kabel dapat lebih hemat. 

2. Simbol Komponen - Komponen Kelistrikan

Simbol komponen kelistrikan
Simbol komponen kelistrikan

Komponen - komponen kelistrikan memiliki simbol yang berbeda - beda. Tujuan dibuatnya simbol ini adalah untuk memudahkan kita dalam memahami rangkaian kelistrikan yang ada di buku manual perbaikan. Selain itu, simbol kelistrikan juga menjadi petunjuk setiap komponen pada buku manual perbaikan.

3. Membaca  Kode Soket
membaca kode soket
membaca kode soket

Soket mempunyai bentuk dan jenis yang berbeda - beda. Perbedaan soket dapat kita lihat dari kode yang terdapat pada setiap soket pada buku manual perbaikan.

4.Warna Kabel
Warna kabel
Warna kabel 
Kabel yang ada pada rangkian kelistrikan mempunyai warna yang berbeda - beda serta diameter yang berbeda juga. Namun, perbedaan yang tertulis pada buku manual hanyalah pewarnaannya saja. Sedangkan diameter kabel tidak pernah mempunyai kode. Pewarnaan kabel yang dibuat berbeda bertujuan untuk memudahkan mekanik dalam melakukan perbaikan untuk mengukur hubungan kabel.

5. Membaca Soket
Membaca soket
Membaca soket
Soket terdiri dari dua jenis yaitu soket betina ( female ) dan soket jantan ( male ). Kedua soket mempunyai cara pembacaan yang berbeda. Soket betina dibaca dari sisi atas sebelah kiri ke kanan ke bawah.  Sedangkan soket jantan dibaca dari baca dari kanan atas ke bawah. Hal serius yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam pembacaan ini pengunci soket harus berada pada posisi diatas.

6. Tempat Fuse ( Fuse Box )

Fuse box
Fuse box

Fuse box atau kotak sekering biasanya terdapat pada rumah mesin bagian depan kanan. Namun ini bukan satu-satunya tempat untuk menyimpan fuse, terkadang ada juga yang terletak didalam kabin. Untuk mengetahui dimana letak fuse box, bacalah buku pentunjuk tentang ini. Karena setiap kendaraan mempunyai tempat yang berbeda - beda.

7.Komponen Penghubung

Kompoen penghubung
Kompoen penghubung

Komponen penghubung mempumyai bentuk yang berbeda - beda. Namun semuanya mempunyai fungsi yang sama yaitu menghubungkan komponen - komponen kelistrikan.

8. Jenis - Jenis Fuse
Jenis - jenis fuse
Jenis - jenis fuse

Fuse atau sekering mempunyai bentuk dan jenis yang berbeda - beda. Secara fungsi sama yaitu
sebagai pengamanan sistem kelistrikan untuk mencegah konsleting yang diakibatkan oleh arus besar .

9. Warna Pada Fuse
Warna pada fuse
Warna pada fuse

Warna pada fuse menunjukkan kapasitas arus yang dapat mengalir pada fuse tersebut. Pewarnaan pada fuse berfungsi untuk memudahkan kita dalam mengukur kapasitas arus pada fuse. Selain warna, biasanya pada fuse juga terdapat angka yang ada pada bagian atasnya.

10. Circuit Breaker
Circuit breaker
Circuit breaker

Circuit breaker mempunyai fungsi yang sama dengan fuse. Namun bedanya, jika fuse putus harus diganti dengan yang baru sedangkan pada circuit breaker hany cukup ditekan kembali saklar bagian atasnya.

0 Response to "Dasar - Dasar Kelistrikan Body Mobil "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel