google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » » Teknik Penilaian Soal - soal Dalam Perlombaan LKS Otomotif

Teknik Penilaian Soal - soal Dalam Perlombaan LKS Otomotif

soal - soal LKS otomotif
Cover soal LKS Nasional Bid. Otomotif


Menjadi seorang pemenang dalam perlombaan merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi para pesertanya. Oleh karena itu, untuk menjadi pemenang dalam perlombaan, maka harus ada beberapa hal yang kita persiapkan.

Terkhusus bagi adik-adik  jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR ) yang ingin mengikuti Lomba Keterampilan Siswa ( LKS ) dan ingin menjadi pemenang hingga di tingkat Nasional  dan Internasional,  maka ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan. Selain Skill yang mumpuni dalam penguasaan bidang lomba ( Task ), kamu juga harus tahu teknik penilaian yang diberikan juri ( expert ) kepada peserta lombanya. Fungsinya agar kamu lebih faham sistem penilaian nya untuk mendapatkan nilai yang maksimal.

Lembar penilaian ini mengacu pada lembar penilaian Perlombaan - perlombaan di tingkat Asean maupun Dunia ( World Skill ). Dan pastinya semua item yang digunakan menggunakan bahasa inggris.

Biasanya bobot paling nilai paling tertinggi dalam setiap item ( Task ) yaitu 1000 ( seribu ) poin yang dibagi menjadi beberapa komponen penilaian, seperti :

a. Persiapan
b. Cara kerja ( memasang dan membongkar )
c. pengukuran komponen
d. Kerapian setelah bekerja

Seperti yang telihat pada gambar dibawah ini,

komponen penilaian LKS Otomotif
Komponen penilaian LKS Otomotif


1. Lembar kerja peserta

Lembar kerja peserta atau MTP ( Materi Test Project ) merupakan lembar kerja yang nantinya diberikan oleh juri kepada peserta. Lembar ini berisi hasil pekerjaan dari peserta yang harus diisikan dengan baik dan benar.

lembar kerja peserta LKS Otomotif
Lembar kerja Peserta
Seperti yang terlihat pada gambar  lembar kerja diatas bahwa kamu harus mengisi kolom-kolom yang masih kosong sesuai dengan hasil pemeriksaan yang kamu lakukan pada Task Power Steering. Dimana pada kolom tersebut tertulis Manufacturers Spesification ( Spesifikasi ukuran dari pabrik yang bisa kamu lihat dari buku petunjuk yang digunakan,), Actual ( Hasil Pengukuran Saat Ini )   dan Comment ( Komentar kamu tentang kondisi komponen yang diperiksa, apakah masih layak digunakan atau sudah rusak ).


2. Lembar penilaian Juri

Selain lembar kerja peserta, juri mempunyai lembar penilaian tersendiri yang tidak diketahui oleh peserta. Pada lembar ini, juri hanya menilai pekerjaan yang dilakukan oleh peserta lomba. Sebagai contoh pada gambar diatas dibawah, apabila komponen penilaian tersebut dilakukan oleh peserta maka nilainya 10, sebaliknya jika tidak dikerjakan maka nilainya 0. Tidak ada grade nilai pertimbangan, yang ada hanya jika  dikerjakan mendapat nilai dan tidak dikerjakan tidak mendapat nilai.
lembar penilaian juri LKS Otomotif
Lembar penilain Juri
Demikian informasi mengenai soal-soal LKS Otomotif, semoga sukses dan tetap semangat untuk menjadi seorang juara.

0 comments:

Post a Comment