google-site-verification: google7adaa44f8e64a07b.html
Home » , , , » Komposisi Pada Kendaraan Mobil

Komposisi Pada Kendaraan Mobil

komposisi kendaraan mobil
Komposisi kendaraan mobil 
Setiap kendaraan mempunyai banyak komponen, dari banyaknya komponen - komponen pada kendaraan, terpadat beberapa komponen - komponen inti ( komposisi ). Begitu juga dengan kendaraan mobil yang terdiri dari beberapa komponen ( komposisi ) yang berfungsi saling berkaitan agar kendaraan dapat mencapai tujuan yang diinginkan oleh para pemiliknya. Selain aman, kenyamanan juga menjadi faktor penting.

Komposisi pada kendaraan mobil diantaranya yaitu :

1. Mesin 
mesin mobil

Mesin adalak komponen yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga, seperti kecepatan, torsi dan tenaga untuk memutarkan roda melalui poros pembantu. Mesin pada mempunyai jenis yang berbeda beda, seperti mesin bensin, mesin diesel, mesin tenaga listrik, mesin tenaga hidrogen dll.

2. Pemindah daya
pemindah daya
Pemindah daya pada kendaraan

Pemindah daya adalah komponen yang berfungsi untuk mentransferkan tenaga dari mesin ke roda - roda kendaraan. Yang termasuk pemindah daya pada kendaraan mobil diantaranya yaitu Transmisi, poros profeler dan diprensial. Kesemua komponen ini bekerja saling berkaitan satu sama lain.

4. Chasis 

chasis mobil
Chasis Mobil

Chasis adalah komponen pada kendaraan yang berfungsi sebagai penunjang faktor keamanan dan kenyamanan. Komponen - komponen yang termasuk dalam kategori chasis yaitu suspensi, sisten kemudi dan rem. Ketiga komponen ini bekerja tidak saling berkaitan dan mempunyai sistem kerja yang saling berbeda. Suspensi sebagai peredam getaran yang diterima oleh kendaraan akibat dari jalan yang tidak rata. Sistem kemudi berfungsi sebagai pengarah lajunya kendaraan yang dikendalikan oleh pengemudi. Sedangkan rem berfungsi untuk memperlambat dan memberhentikan kendaraan dimanapun berada sesuai dengan keinginan pengemudi.

5. Kelistrikan Mesin
kelistrikan mesin mobil
kelistrikan mesin mobil

Kelistrikan mesin berfungsi untuk mensuplai tegangan listrik ke komponen - komponen listrik pada mesin. Dimana kelistrikan mesin mempunyai keterkaitan akan kinerja mesin. Jika kelistrikan mesin ini tidak bekerja, maka mesin akan menjadi rusak dan lebih parahnya juga  tidak akan bisa hidup Contoh kelistrikan mesin yaitu pada sistem pengapian, sistem stater dan sistem pengisian. 

6. Kelistrikan Body

kelistrikan body
Kelistrikan body

Kelistrikan body merupakan komponen penunjang pada setiap kendaraan. Ada atau tidaknya sistem ini, kendaraan masih dapat hidup dan berjalan. Namun, faktor keamanan dan kenyamana tidak akan tercapai secara maksimal. Yang termasuk dalam kategori komponen - komponen kelistrikan body yaitu lampu kepala, lampu kota, lampu belok, lampu kabut, lampu rem dan  lampu kabin. Kesemuanya mempunyai fungsi yang berbeda - beda.

7. Body
body mobil

Body adalah komponen pelindung bagi para penumpang kendaraan. Selain sebagai faktor kenyamanan, body juga harus mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dari ancaman kecelakanan ataupun benturan dari luar. Selain itu, body juga mempunyai faktor aerodimanis dan sebagai bentuk sebuah kendaraan yang mana faktor ini akan sangat berpengaruh terhadap daya jual sebuah kendaraan. Karena  dominan  masyarakat akan membeli mobil yang hanya dilihat dari bentuk bodinya saja.

0 comments:

Post a Comment